Senin, 19 Januari 2015

Potensi Desa Mojo


1. Buah Mojo
   

Buah maja atau lebih dikenal dengan sebutan brenuk  merupakan tanaman perdu, dengan buah sebesar bola volley, berwarna hijau, dengan kulit (tempurung) sangat keras. Daging buah ini memang tidak enak dimakan, dan hanya digunakan sebagai bahan herbal. Yang dimanfaatkan justru tempurungnya, yang berukuran dua kali tempurung kelapa, dengan tingkat kekerasan dan kekuatan yang juga tinggi. Tempurung buah maja digunakan untuk bahan perkakas rumah tangga. Mulai dari gayung air, takaran beras, serta tempat menyimpan aneka biji-bijian.
Buah yang konon katanya menjadi asal muasal nama kerajaan Majapahit (kerajaan terbesar di Indonesia) ini dikenal tidak memberikan manfaat bagi pertanian.
Masyarakat setempat memang belum mengetahui mengenai fungsi dari buah tersebut, sehingga buah tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik. Padahal, buah tersebut bisa meningkatkan ekonomi jika masyarakat setempat dapat mengolah buah tersebut. misalnya saja, batok dari buah yang keras bisa dijadikan sebagai kerjaninan dan memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi dan menjadi ciri khas dari desa mojo.
Selain batoknya, buahnya yang berasa pahit itupun bisa dimanfaatkan sebagai pengusir serangga yang lebih aman terhadap lingkungan.




2. Kayu

Kayu adalah bagian batang atau cabang serta ranting ranting yang mengeras karena mengalami lignifikasi (pengayuan).
Kayu digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari memasak, membuat perabot (meja, kursi), bahan bangunan (pintu, jendela, rangka atap), bahan kertas, dan banyak lagi. Kayu juga dapat dimanfaatkan sebagai hiasan-hiasan rumah tangga dan sebagainya.
Di Desa Mojo, banyak terdapat beberapa industri kayu mentah yang bisa diolah sebagai beberapa bahan material dan yang lainnya. Dari industri kayu tersebut menghasilkan  limbah berupa grajen dimana grajen tersebut dapat dimanfaatkan menjadi sehingga tidak menjadi limbah yang terbuang sia - sia. Grajen tersebut diantaranya bisa digunakan untuk membudidayakan jamur tiram, membuat kerajinan tangan dan sebagainya.

3. Pertanian
Sebagian besar mata pencaharian dari Desa Mojo berda di bidang pertanian padi dan palawija.

1 komentar:

  1. Best Merkur Safety Razors - Xn - OCG
    Safety Razors. Merkur, the world's favorite 메리트카지노 safety razor. We 인카지노 buy Merkur Solingen's 34c safety razor "Razor head" at 메리트 카지노 주소 Xn.store.co.nz. Order now!

    BalasHapus